Kesibukan IPP pasca Muktamar

Bandung (19/9), Pasca Muktamar pertamanya Ikatan Pelajar Persis langsung disibukan dengan hal-hal yang baru dan cukup krusial, mengingat kepengurusan baru periode ini berdekatan dengan agenda Muktamar XV Persatuan Islam. Banyak dukungan juga tantangan dari jam’iyyah Persis secara keseluruhan, karena itu rapat kepengurusan periode baru perdana dilaksanakan di masjid viaduct yang dipimpin langsung oleh ketua umum yang baru, Biri Rachman. Sebagai ketua umum beliau meminta tanggapan dari seluruh tasykil PP. IPP mengenai seluruh permasalahan yang dilemparkan kepada IPP secara keseluruhan.
            Topik yang paling hangat dibicarakan oleh jam’iyyah dari seluruh kalangan adalah rasionalisasi mengenai mahasiswa yang menjadi tasykil di Ikatan Pelajar Persis, banyak ke khawatiran tentang ini mengingat mahasiswa sudah mempunyai tempatnya yakni di Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam. Hal ini sudah ditegaskan langsung oleh ketua umum sebelumnya Husna Hisaba Kholid pada saat audiensi dengan Ust Doddy S Truna (Kepala Bidang Jam’iyyah PP. Persis) saat acara Muktamar 1 IPP di Soreang tempo lalu, bahwa mahasiswa menduduki tasykil di IPP hanya tingkat Pimpinan Pusat (PP) saja, untuk Pimpinan Daerah (PD) tidak ada satu orang pun dari kalangan mahasiswa yang menjadi anggota maupun tasykil, bahkan tingkat PD banyak ketua daerah yang berstatuskan kelas 2 Mu’allimien.
            Isu lain pun hangat dibicarakan di internal Ikatan Pelajar Persis dari tingkat elit hingga gresrud, terkait posisi dan legalitas Ikatan Pelajar Persis sebagai organisasi kader yang mewadahi para pelajar untuk menjadi kader Persis di masa yang akan datang. Dalam hal ini Ust Doddy S Truna membawa kabar yang sangat baik pada saat Muktamar 1 IPP minggu lalu, Ikatan Pelajar Persis telah dimasukan dalam draft Muktamar XV Persis untuk pembahasan Qonun Dakhili (QD) Bab Himpunan – Himpunan, jika rencana ini berjalan lancer dan disahkan pada saat Muktamar XV Persis bulan Novemver nanti, maka Ikatan Pelajar Persis ini akan menjadi suatu himpunan atau komunitas yang ada di Persatuan Islam layaknya Ikatan Pengusaha Persis dan Ikatan Alumni Haji & Umroh.
            Ikatan Pelajar Persis pun mulai bergerak dengan adanya wacana Diskusi Intensif dengan para elit di Persatuan Islam yang menghadirkan Bidang Jami’iyyah PP. Persis, Ketua Umum PP. Pemuda Persis, Ketua Umum PP. HIMA Persis, dan Demisioner PP. Ikatan Pelajar Persis. Acara Diskusi ini bertujuan untuk menjelaskan segala tantangan yang ada pada Ikatan Pelajar Persis serta solusinya dan menjadi suplemen segar bagi gerakan organisasi pelajar ini selama dua tahun kedepan. Dalam hal ini panitia SC (Steering Comitte) telah mengkonfirmasi bahwa sanya acara diskusi ini akan bekerja sama dengan rekannya Ikatan Pelajar Persis Putri dan sekaligus untuk melaksanakan Pelantikan & Muskernas (Musyawarah Kerja Nasional), agar hasil diskusi ini dapat segera di follow up dan intesitas kerja tasykil IPP dapat lebih maksimal kedepannya.
            Selain kesibukan internalnya, IPP pun sudah mulai mendapatkan beberapa undangan untuk menghadiri acara-acara yang diadakan oleh organisasi lain. Pada hari yang sama, hari Jum’at 18 September 2015 PP. IPP mendapat dua undangan untuk acara pembukaan, pukul 08:00 WIB adalah acara Pelantikan & Upgrading PD. IPP Kab, Bandung di Masjid Pesantren Persis 3 Pameungpeuk yang diresmikan dan dilantik langsung oleh ketua umum IPP. Adapun Upgrading membahas Nidzam Asasi – Nidzam Dakhili Ikatan Pelajar Persis yang disampaikan oleh Kepala Bidang Komunikasi & Informasi PP. IPP, Rifqi Azhar Nugraha. Acara ini pun dihadiri oleh tasykil PP. IPP yang lain, Ghifari Mahardika (Sekretaris Umum PP. IPP), Hafidz Hafidzin (Tasykil Bidang Komunikasi & Informasi PP. IPP), dan Ramdhan Firdaus (Tasykil Bidang Kajian Intelektual Islam). Hari dan tempat yang sama, PD. Ikatan Pelajar Persis Putri (IPPi) Kab. Bandung telah diresmikan oleh Shofi (Tasykil PP. IPPi), dan dilantik oleh ketua umum IPPi, Nida Shofiyah. Pukul 13:00 WIB, PP. IPP yang diwakili oleh Biri Rachman, Ilham Habiburrahman (Kepala Bidang Kajian Intelektual Islam PP. IPP), dan Elfa Muhammad Ihsan Al Aufa (Kepala Bidang Kaderisasi PP. IPP) menghadiri acara pembukaan Madrasah Politik HIMA Persis di Aula PP. Persis Viaduct.
            Semoga setiap gerakan Ikatan Pelajar Persis menjadikan nilai-nilai jihad dihadapan Allah SWT, dan cita-cita IPP sebagai organisasi kader yang mempersiapkan anggotanya untuk menjadi kader yang potensial bagi Persatuan Islam dapat tercapai. 
Dari Kanan Hafidz Hafidzin, Biri Rachman, Rifqi Azhar Nugraha, Ghiffari Mahardika menghadiri dan melantik IPP Daerah Kab. Bandung
Biri Rachman, Ilham Habiburrahman, dan Elfa Muhammad Ihsan Al Aufa menghadiri acara pembukaan Madrasah Politik HIMA Persis

Ditulis oleh Rifqi Azhar Nugraha (Kepala Bidang Komunikasi & Informasi PP. IPP)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »