Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Persis Kabupaten Bandung sukseskan ROFI 1

Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Persis Kabupaten Bandung sukseskan ROFI 1
Foto Kader IPP & IPPi Kab. Bandung usai acara ROFI 1
            Bandung (8/3), Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Persis Kabupaten Bandung adakan masa pengkaderan IPP tingkat awal yakni ROFI 1 (Ar-Rosikhuuna Fil ‘Ilmi). ROFI 1 merupakan jenjang awal untuk memasuki organisasi ranah pelajar ini, dengan berbagai perwakilan dari pesantren dan sekolah se Kab. Bandung, dan bekerja sama dengan partnernya IPPi Kab. Bandung peserta yang hadir adalah 36 orang. Tahun ini ROFI 1 di Kab. Bandung diadakan di Qarnul Manazil Pesantren Persis 84 Ciganitri – Kab. Bandung, dan mendapat sambutan hangat dari pihak pesantren.
            Peserta yang haus akan ilmu ini mampu bertahan dalam masa pengkaderan sejak hari kamis 5 Maret pukul 13:00 WIB hingga jum’at 6 Maret 2015 pukul 17:00 WIB, peserta pun disambut dengan hangat oleh Ketua Umum Ikatan Pelajar Persis, Husna Hisaba Kholid. Adapun 5 materi wajib yang harus diikuti seluruh peserta pengkaderan diantaranya Problematika Pelajar dengan pemateri Biri Rachman (Sekretaris Jenderal IPP), lalu Sejarah Persis oleh Ust Anwar, mengenai Ke-IPP-an oleh Akhsan Kholid (Ketua 1 IPP), disambung dengan Kepemimpinan yang dibawakan oleh Rifqi Azhar Nugraha (Kominfo PP. IPP), dan terakhir Ust Zae Nandang memberikan materi mengenai Syahadatain. Tidak hanya itu, peserta pun dilatih untuk mempunyai retorika dan daya hujjah saat berbicara dengan adanya sesi Forum Group Discussion, peserta diminta untuk mensimpulkan seluruh materi yang telah disampaikan lalu mensinkronnya.
            Berbeda dengan ROFI 1 tahun lalu ada banyak peserta yang tidak lulus, maka tahun ini seluruh peserta dinyatakan lulus masuk IPP walaupun ada yang dinyatakan lulus bersyarat. Nyatanya pada tahun ini peserta yang ikut dalam masa pengkaderan ini berwawasan luas, dan berpikir kritis serta ilmiah selama acara berlangsung. Untuk melahirkan generasi pelajar yang responsif dengan Ar-Rosikhuuna Fil ‘Ilmi panitia mengusung tema yang luar biasa “Menjadikan generasi Ar-Rosikhuuna Fil ‘Ilmi sebagai kader pecinta Qur’an dan Sunnah”, dengan proses pengkaderan selama 28 jam panitia berhasil mengkader pelajar berpikir kritis, ilmiah, dan responsif serta mencintai Qur’an dan Sunnah maka ROFI 1 IPP Daerah Kab. Bandung tahun ini dinyatakan sukses. Semoga apa yang diusakan Ikatan Pelajar Persis mampu merubah budaya buruk dari pelajar, dengan jargon kritis, ilmiah, dan responsifnya. Serta memperlihatkan eksistensi dari IPP bahwa organisasi ini mampu menjadi otonom Persatuan Islam. [Kominfo]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »