Musyawarah Kerja Nasional 3 Ikatan Pelajar Persis


Bandung (28/9), Organisasi yang menjadi perbincangan hangat selama 5 tahun ini di lingkungan Persatuan Islam (Persis) membuktikan semangat jihadnya dengan mensukseskan Musyawarah Kerja Nasional (Muskernas) 3 yang berjarak 20 hari pasca Muktamar 1 Ikatan Pelajar Persis. Kesibukan setiap tasykil tidak menjadi hambatan demi terwujudnya cita-cita dari organisasi kader ranah pelajar ini, tidak untuk kepentingan pribadi atau tunggangan politik dari fraksi manapun organisasi ini terus menunjukan taringnya kepada selurh jam’iyyah khususnya persatuan islam.

Muskernas 3 Ikatan Pelajar Persis berlangsung selama 2 hari 1 malam pada tanggal 26-27 September 2015, tepatnya saat hari tasyrik 12-13 Dzulhijjah 1436 H di Gedung Himpunan Haji Qornul Manazil Ciganitri Kabupaten Bandung, yang diberi tema “Optimalisasi IPP & IPPi sebagai Organisasi Kader Persis”, dengan dihadiri oleh 2 orang perwakilan dari setiap pimpinan daerah. Adapun yang hadir untuk memberikan sambutan di pembukaan adalah Ustadz Ihsan Setiadi Latief (Bidang Jam’iyyah Pimpinan Pusat Persatuan Islam), Ustadzah Titin Suprihatin (Ketua Umum Persatuan Islam Istri), Nizar Ahmad Saputra (Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam), dan Rima Destiani (Ketua Umum Himpunan Mahasiswi Persatuan Islam).

Tasykil Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Persis Periode 2015-2017 sudah resmi dilantik oleh Ustadz Ihsan Setiadi Latief selaku Bidang Jam’iyyah di Pimpinan Pusat Persis, dengan adanya pelantikan ini Ikatan Pelajar Persis sudah diakui oleh Persis sebagai organisasi kader yang ada di Persis meskipun belum secara tertulis. Dilanjut dengan agenda Diskusi Panel yang bertemakan “Membaca Tantangan & Peluang IPP & IPPi sebagai Organisasi Kader Persis”, dengan pemateri Ustadz Dody S Truna (Kepala Bidang Jam’iyyah PP. Persis), Ustadz Muslim Nurdin (Kepala Bidang Kaderisasi PP. Pemuda Persis), Nizar Ahmad Saputra, dan Husna Hisaba Kholid (Ketua Umum Demisioner Ikatan Pelajar Persis). dari diskusi panel ini dapat disimpulkan bahwa Ikatan Pelajar Persis kedepannya akan menjadi lumbung kader bagi Persis dengan jalur Pemuda & HIMA Persis sebagai otonom di Persis sebelum langsung terjun bersama ‘ayahnya’ di Persis.

Organisasi ini nampaknya ingin menyaingi organisasi kader ranah pelajar lain walaupun masih berumur anak-anak yang hendak masuk TK (Taman Kanak-kanak), walaupun baru 5 tahun didirikan organisasi ini sudah cukup mapan untuk merancang GBHO (Garis – Garis Besar Haluan Organisasi) sebagai suplemen awal bagi kadernya mengenal pola gerakan Ikatan Pelajar Persis, dan MANQITAB (Manhaj Qiraah Kitabah) sebagai referensi wajib yang mesti dikonsumsi oleh anggotanya. Kedua atribut organisasi yang baru dirancang ini dijelaskan oleh Rifqi Azhar Nugraha (Kepala Bidang Komunikasi & Informasi PP. Ikatan Pelajar Persis) kepada seluruh peserta Muskernas.

Barulah pembahasan Program Jihad yang menjadi inti daripada Muskernas ini diagendakan di akhir acara dan menghasilkan beberapa kesimpulan, berikut adalah ringkasan program jihad Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Persis;
  • Sekretaris: Menuntaskan SOP (Standard Operating Procedure) Administrasi & Koordinasi level pimpinan 
  • Bendahara: Memberikan kebijakan Iuran Wajib bagi Pimpinan Pusat & Pimpinan Daerah
  •  Bidang KII (Kajian Intelektual Islam): Mengadakan JIMAT (Pengajian Jum’at) di seluruh Pimpinan Daerah dan Kajian Turats bagi Tasykil Pimpinan Pusat 
  • Bidang Kaderisasi: Menyelenggarakan acara pengkaderan yang dinamakan ROFI 1 (Ar-Rosikhuuna fil ‘ilmi) bagi kader yang bermaksud menjadi anggota di Pimpinan Daerah, dan ROFI 2 bagi Tasykil di Pimpinan Daerah yang hendak disiapkan menjadi tasykil di Pimpinan Pusat. Serta TA’ARUF (Ta’lim Ar-Rosikhuuna fil ‘ilmi) sebagai follow up dari pasca ROFI. 
  • Bidang Kominfo (Komunikasi & Informasi): Membuat kebijakan untuk menseragamkan atribut organisasi berupa almamater di setiap level pimpinan.
Semoga setiap usaha yang telah dikerjakan oleh Ikatan Pelajar Persis mendapat ridlo Allah SWT dan dapat dipahami niat baiknya oleh seluruh jam’iyyah khususnya di Persatuan Islam.

Ditulis oleh: Rifqi Azhar Nugraha (Kepala Bidang Komunikasi & Informasi PP. Ikatan Pelajar Persis)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »